Tugas Tarbiyah Ulul Albab

Posted by Rudi Wibowo Selasa, 29 Desember 2009 1 komentar
Tugas ini disusun secara kelompok yaitu kelompok 7, guna memenuhi tugas yang diberikan oleh dosen Tarbiyah Ulul Albab yaitu Ibu Amalia Fitri Andriani, M.Si





PENDAHULUAN

Latar Belakang
    UIN Maulana Malik Ibrahim adalah universitas islam terkemuka di Malang, universitas ini adalah universitas berbasis islam yang di dalamnya ada siswa yang nyantri (asrama islam), universitas islam ini terkenal dengan sebutan kampus hijau Maliki Malang, hal ini disebabkan semua bangunan berwarna hijau, dan taman-taman disekitar bangunannya juga hijau dan rindang, warna hijau juga merupakan warna yang identik dengann islam di Indonesia. Juga bisa dihubungkan dengan firman Allah : ”Kedua surga itu kelihatan hijau tua warnanya.”
Di Universitas yang letaknya berada di kota dingin Malang dan dekat dengan daerah pegunungan, suasana yang tenang dan cocok digunakan sebagai sarana belajar, dan ditambah saran taman yang hijau yang cocok untuk berkumpulnya mahasiswa untuk bertukar pendapat, selain suasana belajar di dalam kelas yang monoton.
Akan tetapi taman yang indah itu lebih baik digunakan sebagai taman dengan tumbuhan yang produktif. Seperti tanaman buah, tanaman umbi, bunga hias (Mawar, melati dll.). Hal ini nantinya akan menjadikan taman yang bervariasi dan mahasiswa UIN sendiri bisa menikmati dari hasil taman tersebut dan mahsiswa bisa betah ditambah lagi hasil taman tersebut bisa menambah pemasukan dana pembangunan di UIN Maliki.
Dengan cara penghijauan yang seperti kami usulkan, terdapat sedikit kekurangan yaitu pada keamanan, nantinya pada tanaman yang produktif. Akan tetapi jika mahasiswa UIN dan masyarakat yang tinggal di sekitar UIN sadar akan jiwa Ulul Albab yaitu pikiran yang bis membedakan halal dan haram sehingga keamanan tanaman produktif bisa terjaga.
Kami sebagai mahasiswa memilki impian UIN sebagai kampus alam terbuka, dengan proses pembelajaran langsung belajar dari alam sekitar agar ilmu dan praktik bisa seimbang dengan adanya sarana dan prasarana gedung dan taman tanaman produktif.

Rumusan Masalah

1.Dalam bentuk apa saja mahasiswa UIN Malang peduli terhadap lingkungan?
2.Sebutkan tanaman produktif pada proses penghijauan di UIN Malang!
3.Sebutkan cara menjaga dan melestarikan tanaman produktif!
4.Apakah angan-angan mahasiswa terhadap penghijauan di UIN Malang?


Tujuan

Dari rumusan masalah diatas dapat diperoleh tujuan sebagai berikut:
1.Mengetahui cara mahasiswa UIN Malang sehingga peduli terhadap lingkungan.
2.Mengetahui tanaman produktif yang cocok di tanam di taman UIN Malang.
3.Mengetahui cara memelihara dan melestarikan lingkungan  taman dengan  tanaman produktif.
4.Mengetahui angan-angan mahasiswa terhadap penghijauan di UIN Malang


DASAR TEORI

Penghijauan taman dengan tanaman buah

    Tipikal tanaman islami adalah oasis kehidupan yang berkelanjutan, menguntungkan manusia, burung ,dan binatang. Oasis itu merupakan suatu taman, menghasilkan buah, air dan tempat istirahat bagi burung. Makanya taman menyediakan air bagi segala jenis makhluk. Pendeknya, disamping indahnya, taman juga harus berguna dan juga harus bisa mengakomodir beragam aktivitas; seperti pertemuan formal dan informal, belajar, beribadah, rekreasi dan sebagainya (Fireza,2007:35).
    Lingkungan tanaman buah semacam ini akan membuat siklus kehidupan alam menjadi jalan. Merancang taman yang dihiasi pohon buah-buahan bisa menjadi alternatif untuk hunian Anda. Selain asri, taman buah banyak manfaatnya. Menghiasi taman dengan pohon produktif, menjadi pilihan lain yang bisa kita lakukan. Ada dua manfaat sekaligus yang bisa kita ambil dalam menata taman yang dihiasi pohon buah-buahan ini. Selain asri, hasil pohon produktif ini bisa kita optimalkan untuk kebutuhan penghuni rumah. Namun, dalam menata taman buah di rumah ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah ketersediaan lahan halaman yang dimiliki    (www.bangun-renovasi-rumah.com,2007).

Macam tanaman buah untuk penghijauan taman

    Arsitek Lanskap Nirwono Yoga menjelaskan, ada dua macam tanaman buah. Pertama, jenis tanaman buah yang harus ditanam langsung di tanah dan memerlukan lahan yang luas, contohnya pohon nangka, sukun, atau durian. Jenis kedua, tanaman buah yang dapat ditanam di pot. Khusus untuk tanaman buah yang ditempatkan di pot, biasanya dalam bentuk ukuran kecil atau sudah dibonsai. Jadi, tidak perlu berukuran besar pun pohon buah itu dapat tumbuh dan berbuah dengan baik (www.bangun-renovasi-rumah.com,2007).
Pohon buah yang dapat ditanam di pot jumlahnya agak terbatas, seperti pohon mangga, jambu, rambutan, alpukat, belimbing. Jadi, pilihan media tanam disebabkan keterbatasan lahan ini perlu disiasati untuk menanam pohon buah dengan hasil yang baik (www.bangun-renovasi-rumah.com,2007).

Cara memelihara taman yang ditanami tanaman buah

Selain itu, kita perlu mengetahui dengan pasti jenis hama pohon buah yang akan ditanam. Sebagai contoh, pohon jambu air kalau tidak dirawat dengan baik, dapat menjadi tempat berkembang biak ulat bulu. Hama ini menyebabkan pohonnya tidak dapat berbuah maksimal. Kalaupun berbuah, buahnya cepat sekali busuk. Kalau si penghuni rumah tidak punya cukup waktu dan tenaga untuk memelihara, sebaiknya jangan menanam pohon jambu air. Namun, lebih baik menanam pohon mangga atau rambutan, yang lebih mudah perawatannya.
Peletakan tanaman tersebut di taman rumah perlu pula diperhatikan dengan cermat. Caranya dengan memperhatikan datangnya arah sinar matahari. Semua jenis pohon buah merupakan tanaman yang harus mendapatkan cukup banyak sinar matahari dan bukan merupakan pohon teduh. Sebab, kalau terlalu teduh justru tidak berbuah.
    Nirwono menyarankan kalau lahan taman di rumah dirasakan tidak terlalu besar, ada baiknya jangan menanam pohon buah yang dapat tumbuh besar.Misalnya, luas tanah taman hanya 3 x 5 meter, jangan menanam pohon sukun atau nangka. Selain lahannya tidak seimbang, akar tanaman semacam itu juga dapat merusak konstruksi. Ini yang perlu diwaspadai, kalau tidak merusak konstruksi rumah, akar tadi dapat merusak pagar rumah Hal lain yang tak kalah penting adalah masalah perawatannya. Tanaman buah ini harus sering dipangkas supaya ruang di bawahnya cukup segar. Kalau tidak rajin dirawat, ruang di bagian bawah bisa menjadi sarang nyamuk dan sumber penyakit karena lembap. Bentukan dari tanaman buah pun perlu diperhatikan. Sebab, ada bentukan pohon yang tajuknya melebar dan ada pula yang tajuknya meninggi. Sebagai contoh, kalau tajuknya melebar tapi ruangnya sempit, tanaman tersebut bisa terkena bagian genteng rumah. Lahan di bawah pohon buah tadi harus mendapatkan perhatian yang tak kalah pentingnya. Lazimnya pohon buah yang rindang, daunnya akan menyebabkan tanah di bawahnya menjadi teduh. Lahan tanah yang teduh membuat rumput enggan tumbuh. Untuk itu, harus diikuti strategi mengolah lahan di bawah pohon buah tadi. Jangan menanam rumput di bawah pohon buah, tapi tanam pohon jenis semak atau tanaman pengawas (ground cover), bisa berupa tanaman kacang-kacangan atau jenis pakis. Itu untuk menutupi tanah yang gundul. Bisa saja di sekitar bawah pohon diberikan batu-batuan koral atau jadi taman santai, dibuatkan kolam ikan atau tempat duduk.
    Khusus untuk rumah tipe kecil semacam tipe 45, dia menyarankan pohon buah ditanam agak jauh ke tengah sedikit, tapi di pojok depan rumah. Posisi itu menghidupkan suasana rumah secara keseluruhan.Peletakan pohon juga perlu memperhatikan arah sinar matahari. Jangan sampai posisi pohon menghalangi sinar matahari pagi masuk ke rumah. Namun, kalau pohon tadi menghalangi sinar matahari siang atau sore hari, itu tidak menjadi masalah. Justru dapat membuat teduh dan sejuk rumah.Dia berharap masyarakat menanam pohon buah-buahan sebanyak-banyaknya. Paling tidak satu rumah dapat menanam satu pohon buah. Kalaupun lahan taman di depan rumah tidak memadai, pohon buah dapat saja ditanam di area hijau depan rumah. Selain dapat memberikan efek teduh dan udara uang sejuk di sebuah hunian, ditinjau dari perspektif lingkungan tanaman buah semacam ini akan membuat siklus kehidupan alam menjadi jalan.

PEMBAHASAN

Cara penghijauan di UIN Malang

    Kepedulian terhadap lingkungan haruslah dimunculkan sejak dini agar di waktu dewasa nanti, generasi penerus dapat merasakan manfaat dari apa yang kita pelihara dan akan terus berkesinambungan generasi yang beradab, kepedulian terhadap lingkungan dapat dicontohkan dengan menjaga kebersihan itu bisa dilakukan dengan memulai dari diri sendiri, kepedulian lainnya adalah dengan cara menjaga keindahan lingkungan itu yaitu dengan mengatur taman sedemikian rupa sehingga dapat menyenangkan dan memberi kesejukan pada mahasiswa UIN dan masyarakat disekitarnya. Apalagi jika taman UIN di tanami dengan tanaman produktif yang berguna bagi mahasiswa UIN dan masyarakat disekitarnya.
Jika kita memelihara dan peduli terhadap lingkungan maka kita sebagai mahasiswa dapat membantu pemerbaikan global warming di bumi, pencemaran, dan bencana alam. Dan membuat bumi ini hijau, rindang, dan sehat.
    Di UIN Malang jangan hanya ditanami dengan tanaman hias atau rumput saja, akan tetapi juga ditanami dengan tanaman produktif selain itu di UIN Malang mempunyai daya tarik tersendiri bagi para mahasiswa dan masyarakat sekitar.
Pemanfaatan lahan kosong juga bisa digunakan sebagai taman yang tanamannya produktif yang sedap di pandang oleh para warga UIN sehingga tidak menimbulkan kejenuhan di lingkungan tersebut dengan tanaman yang kurang bermanfaat.
Taman yang indah bisa dilengkapi dengan tanaman produktif yaitu tanaman buah, tanaman hias (macam-macam bunga). Diharapkan dapat terciptanya ketentraman-ketentraman bagi warga untuk menanam beribu pohon buah ditaman atau dilahan yang akan ditanami dengan perawatan sampai berbuah, agar terciptanya remaja yang cinta terhadap lingkungan dan dapat mencegah global warming dan hasilnya dapat menambah devisa Universitas.
    Sesuai dengan firman Allah dalam Alqur’an surat Albaqarah:22 yang berbunyi,” Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap,dan Dia menurunkan air (hujan)  dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui.”

Macam-macam Tanaman buah yang produktif

    Bebagai macam tanaman buah yang cocok di UIN Malang yang ditanam dan dimanfaatkan (dilihat dari zona tempat berdirinya kampus UIN) :
1.Rambutan        6. Apel            11. Kelapa hibrida
2.Mangga        7. Nangka          12. Jeruk
3.Buah Mentega        8. Anggur         13. Blimbing
4.Sawo            9. Jambu biji        
5.Kelengkeng         10. Kedondong    

Tanaman bisa dalam pot atau bonsai ataupun bisa di tanam langsung ke tanah tergantung jenis tanamannya, berkayu besar atau tidak. Untuk di UIN kita langsung saja tanam ke tanah karena lahan di UIN masih cukup untuk di tanami.

Cara Mahasiswa Menjaga Tanaman produktif yang ditanam di taman

    Setelah ditanam di taman tanaman buah juga membutuhkan penjagaan dan pelestarian, untuk itu harus dilakukan beberapa hal yaitu:
1.Seminggu sekali memberi tanaman dengan obat anti hama.
2.Menyiraminya tiap pagi dan sore hari.
3.Sampah-sampah yang dihasilkan dari tanaman tersebut dikumpulkan dan    dibuat pupuk guna untuk penyuburan tanah dalam taman.
4.Membuang sampah anorganik dan organic pada tempatnya  karena dapat merusak tanaman dan lingkungan organik lainnya.
5.Saat melakukan penggemburan tanah tidak menggunakan mesin, melainkan dengan manual.
6.Jika sudah berbuah penjagaan oleh satpam lebih ditingkatkan untuk keamanan buah dan taman.

Angan-angan mahasiswa terhadap penghijauan di UIN Malang

    Mahasiswa UIN guna memajukan universitasnya dan menjadikan dirinya sebagai insan yang ulul albab mereka memiliki angan-angan bagi    universitasnya diantaranya:
1.Ingin menjadikan UIN hijau dengan tanaman berbuah
2.Menjadikan taman sebagai tempat berkumpul, belajar, refresing dan pertemuan formal maupun informal.
3.Tempat praktik langsung mahasiswa sains terhaadap lingkungan ekologi taman.
4.Menciptakan UIN Maliki Malang sebagai teladan bagi universitas lain di Malang di bidang kebersihan dan keindahan serta penghijauan kampus.
5.Mengurangi global warming yang sekarang telah terjadi.


KESIMPULAN

    Adapun kesimpulan yang dapat diambil dari pemaparan makalah yang membahas tentang penghijauan di UIN Malang antara lain yaitu:
1.kepedulian terhadap lingkungan dapat dicontohkan dengan menjaga kebersihan itu bisa dilakukan dengan memulai dari diri sendiri, kepedulian lainnya
   adalah dengan cara menjaga keindahan lingkungan.
2.Bebagai macam tanaman buah yang cocok di UIN Malang yang ditanam dan dimanfaatkan (dilihat dari zona tempat berdirinya kampus UIN) :       Rambutan, Apel, Kelapa hibrida, Mangga ,Nangka, Jeruk, Buah Mentega, Anggur, Blimbing, Sawo, Jambu biji, Kelengkeng, Kedondong.
3.Dengan perawatan pemupukan yang teratur, baik perawatan dari tanaman maupun dari lahan yang ditanami.
4.Mahasiswa UIN menginginkan kampus tercinta nya ini menjadi kampus yang hijau, hijau tidak hanya pada bangunannya  saja akan tetapi juga pada      lingkungan dan bisa menjadi contoh bagi bagi kampus-kampus di Indonesia dan Malang khususnya.   




Daftar Pustaka

www.bangun-renovasi-rumah.com,2007

Fireza,Dony.2007.DESAIN TAMAN ISLAMI.Jakarta:Pustaka Iman
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tugas Tarbiyah Ulul Albab
Ditulis oleh Rudi Wibowo
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tugasdancatatanku.blogspot.com/2009/12/tugas-tarbiyah-ulul-albab.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

Rudi Wibowo mengatakan...

tugasnya udah kelar buuu....

Posting Komentar

Tutorial SEO dan Blog support Online Shop Tas Wanita - Original design by Bamz | Copyright of TUGAS DAN CATATANKU.