Darah dan apa itu????

Posted by Rudi Wibowo Kamis, 21 April 2011 0 komentar

Darah

 خلق الا نسا ن من علق (2)
“ Dia Telah menciptakan manusia dari segumpal darah ” (Al-Alaq:2)
Darah, jika mendengar kata itu pasti ingatan setiap yang mendengarnya adalah menilai, warna merah, cair, keluar dari tubuh, amis, pekat, diedarkan oleh jantung, membuat merinding dan biasanya dekat dengan suatu proses bersalin kecelakaan, pendarahan dan bahkan pembunuhan. Dalam kesempatan ini saya akan sedikit membahas dari segi pustaka-pustaka yang telah say abaca dan mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca.
Darah adalah cairan yang terdapat pada semua hewan tingkat tinggi yang berfungsi mengirimkan zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh, mengangkut bahan-bahan kimia hasil metabolisme, dan juga sebagai pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri. Istilah medis yang berkaitan dengan darah diawali dengan kata hemo atau hemato yang berasal dari bahasa yunani haima yang berarti darah. Darah manusia berwarna merah, antara merah terang bila kaya oksigen sampai merah tua apabila kekurangan oksigen. Warna merah pada darah disebabkan oleh hemoglobin, protein pernafasan (respiratory protein) yang mengandung besi dalam bentuk heme, yang merupakan tempat terikatnya molekul-molekul oksigen (Price, 1995).
Menurut (Soewolo, 2000) menjelaskan darah berfungsi dalam pengaturan temperature tubuh, ph, kandungan air jaringan, mendistribusikan zat-zat makanan, oksigen, sisa-sisa metabolism, hormone dan berbagai perlindungan terhadap kehilangan darah dan infeksi. Perlindungan dari kehilangan darah terutama dilakukan oleh trombosit (pembekuan darah dan menutup luka) dan perlindungan dari infeksi dilakukan oleh leukosit (fagositik zat-zat asing dan produksi antibody).
Darah adalah jaringan yang bersifat cair yang terdiri atas dua bagian itu yang bersifat cair disebut plasma dan didalamnya terdapat unsur padat yaitu sel darah. Sel darah tersebut mempunyai 3 tipe unsur yaitu sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan keeping darah (trombosit) (Kimball, 1983).
Darah adalah cairan yang tersusun atas plasma cair (55 %), yang komponen utamanya adalah air, dan sel-sel yang mengambang di dalamnya (45%). Plasma kaya akan protein-protein terlarut lipid, dan karbohidrat. Limfe sangat mirip dengan plasma, hanya saja kosentrasinya sedikit lebih rendah total tubuh darah sendiri merupakan satu per dua belas berat tubuh, dan pada manusia umumnya volume darah adalah kurang dari lima liter (George, 1999). 
Menurut Yatim (2007), sel darah manusia terdiri dari eritrosit (sel darah merah), leukosit (sel darah putih), dan trombosit (keeping-keping darah). Eritrosit berwarna merah, karena mengandung pigmen pernapasan yang merah, disebut hemoglobin. Bentuk bulat, dari sisi double cekung (bikonkaf). Sel tak berinti dengan diameter 7-8 mikometer, yang berjumlah 5 juta/mm3 darah. Umumnya terbatas, hanya 120 hari, dihancurkan dalam limpa dan dan sumsum tulang, lalu diganti dengan yang muda lewat pembelahan sel induk eritrosit (eritroblast). Eritrosit berperan mengangkut oksigen dari paru. Leukosit tidak berpigmen, sehingga tidak berwarna. Leukosit ini berguna untuk pertahanan tubuh, macam-macamnya yaitu monosit, granulosit dan limfosit. Trombosit juga tidak berpigmen, dan tidak berupa sel utuh, karena tak memiliki inti dan organel sel yang lengkap. Berperan untuk penggumpulan darah jika terjadi luka. Plasma darah dan sebagian lekosit pada pembuluh kapiler dapat ke luar pembuluh dan berada di celah jaringan, sehingga disebut cairan tubuh saja. Cairan tubuh itu pun sesewaktu dapat kembali masuk pembuluh kapiler, sehingga menjadi darah. Jadi ada pergantian antara cairan tubuh oleh jantung. Sedangkan cairan tubuh tidak ada alat pengalir, dan geraknnya hanya karena bagian tubuh bergerak.

Referensi
Bevelander, G & Juith AR. 1988. Dasar-Dasar Histologi. Jakarta: Erlangga
Kimball, John. 1983. Biologi edisi kelima. Jakarta: Erlangga
Price, Sylvia & Schteingart, David T. 1995. Patofisiologi Penyakit Dalam. Jakarta: EGC
Soewolo. 2000. Fisiologi Hewan. Jakarta: Pengembangan Guru Sekolah Menengah
Yatim, Wildan. 2007. Kamus Biologi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Darah dan apa itu????
Ditulis oleh Rudi Wibowo
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tugasdancatatanku.blogspot.com/2011/04/darah-dan-apa-itu-diabetes-mellitus.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Tutorial SEO dan Blog support Online Shop Tas Wanita - Original design by Bamz | Copyright of TUGAS DAN CATATANKU.