Diabetes apa itu????

Posted by Rudi Wibowo Kamis, 21 April 2011 0 komentar

Diabetes Mellitus
Bila mendengar kata diabetes mellitus saya ingat akan seorang yang mengeluh saat di suatu rumah sakit, dari pembicaraanya keluar kata-kata “kencing manis atau diabetes”. Mereka mengeluh karena penyakit ini biasanya menyebabkan kelumpuhan, komplikasi dan pada akhirnya kematian, kali ini saya tidak membahas dan memvonis apakah diabetes itu penyebab utama kematian atau bukan, toh kematian yang menentukan adalah Allah SWT. Saya hanya ingin menshare Apa sih diabetes mellitus tersebut? Dilihat dari segi pustaka.
Diabetes melitus adalah suatu penyakit gangguan kesehatan dimana kadar gula dalam darah seseorang menjadi tinggi karena gula dalam darah tidak dapat digunakan oleh tubuh. Diabetes mellitus dikenal juga dengan sebutan penyakit gula darah atau kencing manis yang mempunyai jumlah penderita yang cukup banyak di Indonesia juga dunia. Diabetes melitus adalah gangguan metabolisme yang secara genetik dan klinis termasuk heterogen dengan manifestasi berupa hilangnya toleransi karbohidrat. Jika telah berkembang penuh secara klinis, maka diabetes mellitus ditandai oleh hiperglikemia puasa, aterosklerosis dan mikroangiopeti dan neuropati (Price, 1995).
Dalam otot rangka insulin akan meningkatkan pemasukan glukosa ke dalam sel otot yang juga menstimulasi sintesis glikogen. Dengan demikian simpanan glikogen dalam sel otot meningkat. Penyerapan asam amino ke dalam hati, otot dan jaringan adipose juga meningkat setelah makan sebagai respon adanya insulin (Susilowati, 2010).
Menurut Susilowati (2010), bahwa penyakit diabetes adalah merupakan penyakit akibat gangguan kelenjar endokrin. Diabetes muncul karena adanya gangguan keseimbagan hormon, dimana terjadi penurunan produksi hormon insulin. Jumlah yang kurang dari hormon insulin menyebabkan kandungan glokusa dalam plasma darah tetap tinggi (hyperglicema), karena sebenarnya insulin berperan membantu proses perubahan glukosa dalam darah menjadi glikogen sebagai gula otot.
Diabetes merupakan salah satu penyakit tertua pada manusia. Nama lengkapnya adalah diabetes mellitus, berasal dari kata Yunani; siphon (pipa) dan gula yang menggambarkan gejala diabetes tak terkontol, yakni keluarnya sejumlah urin manis karena mengandung gula (glukosa). Namun, pemahaman tentang penyakit ini baru diketahui sejak sekitar seratus tahun yang lalu. Pada abad ke 19, dua orangdokter Jerman menemukan bahwa pancreas-kelenjar ludah perut terletak di belakang lambung memproduksi sejenis cairan untuk menghentikan lajunya tingkat gula darah. Tahun 1921, tiga ilmuwan Kanada memisahkan cairan ajaib, yang mereka namakan insulin, dari kelompok sel-sel kecil dalam pancreas yang dinamakan pulau-pulau Langerhans. Ketika insulin dapat digunakan sebagai pengobatan diabetes setelah tahun 1922, seakan-akan terjadi mukjizat dalam pengobatan dan harapan para penderitanya, karena berhasil menyelamatkan jiwa orang-orang muda yang mungkin akan meninggal akibat penyakit ini (Bilous, 2002).


REFERENSI

Bevelander, G & Juith AR. 1988. Dasar-Dasar Histologi. Jakarta: Erlangga
Bilous, Rudy. 2003. Seri Kesehatan Bimbingan Dokter pada Diabetes. Jakarta: Dian Rakyat
Evelyn, Franklin. 2006. Fisiologi Manusia untuk Paramedis. Surabaya: Sinar Wijaya  
Kimball, John. 1983. Biologi edisi kelima. Jakarta: Erlangga
Lestari, Mei D. 2007. Pengaruh Pemberian Teh Hijau Terhadap Kadar Glukosa Berdarah Dan Histology Pancreas Pada Mencit Diabetes. Tugas Akhir Jurusan Biologi UIN MMI Malang
Price, Sylvia & Schteingart, David T. 1995. Patofisiologi Penyakit Dalam. Jakarta: EGC
Soewolo. 2000. Fisiologi Hewan. Jakarta: Pengembangan Guru Sekolah Menengah
Susilowati, Retno. 2010. Petunjuk Praktikum Fisiologi Hewan. Malang: UIN Malang
Yatim, Wildan. 2007. Kamus Biologi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia


download
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Diabetes apa itu????
Ditulis oleh Rudi Wibowo
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tugasdancatatanku.blogspot.com/2011/04/diabetes-apa-itu.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Tutorial SEO dan Blog support Online Shop Tas Wanita - Original design by Bamz | Copyright of TUGAS DAN CATATANKU.