TUGAS LAPORAN PROTEIN (sebuah kajian literatur)

Posted by Rudi Wibowo Sabtu, 16 Februari 2013 0 komentar

Protein adalah senyawa organik yang sangat komplek dengan berat molekul tinggi.  Seperti halnya karbohidrat dan lemak, protein tersusun dari unsur-unsur C, H, dan O. Umumnya protein mengandung 16% unsur N dan kadang-kadang mengandung unsur fosfor atau sulfur.
Protein merupakan makromolekul yang  mempunyai struktur dasar yang berbeda dari makromolekul biologi penting lainnya seperti karbohidrat dan lemak.  Karbohidrat dan lemak mempunyai struktur dasar yang disusun oleh unit-unit yang sama atau pengulangan unit yang sama.  Sedangkan protein mempunyai lebih dari 100 unit dasar penyusun yang berbeda.  Unit dasar protein berupa asam amino. Protein digunakan sebagai bahan baku enzim, hormone, komponen structural dari sel dan jaringan, serta fungsi-fungsi penting lain dalam kehidupan organisme.   
Asam amino yang menyusun protein terdiri atas 20 macam.  Pengetahuan mengenai pembentukan asam amino penyusun protein sangat diperlukan terutama bagi mahasiswa biologi.  Hal ini disebabkan karena pengetahuan tersebut akan menjadi dasar bagi mahasiswa untuk mengembangkan pengetahuan yang ada.

Point-point yang dapat disimpulkan :
1.      Biosintesa protein terdiri atas tahap transkripsi dan translasi.
2.      Tahap transkripsi terjadi di dalam nukleus, sedangkan tahap translasi terjadi di dalam sitoplasma
3.    Asam amino esensial seperti fenilalanin, triptofan dan histidin memiliki lintas biosintesis yang paling kompleks. Ketiga asam amino esensial memiliki cincin benzena atau heterosiklik. Sintesis cincin ini, terutama kedua cincin pusat triptofan, memerlukan sejumlah tahap reaksi enzimatis yang kompleks.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: TUGAS LAPORAN PROTEIN (sebuah kajian literatur)
Ditulis oleh Rudi Wibowo
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tugasdancatatanku.blogspot.com/2013/02/tugas-laporan-protein-sebuah-kajian.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Tutorial SEO dan Blog support Online Shop Tas Wanita - Original design by Bamz | Copyright of TUGAS DAN CATATANKU.